Senin, 28 Maret 2011

It's Me On March


….orang LUAR BIASA itu SEDERHANA dalam ucapan, tetapi HEBAT dalam tindakan…

Starting on March..this is me..with a new job, a new uniform, a new places, a new friends, and absolutly a new conditions... Dan aku pun juga berjanji akan menjadi aku yang baru..bukan berarti ak akan transformasi menjadi pribadi yang baru dengan mengubah the whole me..tapi aku bertekad untuk menjadi pribadi yang lebih baik..amiien. Dengan keluarnya aku dari zona nyaman yang telah mengikutiku selama 6 thun ini, bukan persoalan yang mudah..membiasakan diri dengan hal yang baru waahh..itu hal yang sulit buatku.. Maklumlah, aku bukan tipikal opening..bukan orang yang bisa memulai duluan.. Harus ada yang masukkan koin ke badanku dulu..lalu aku pun akan mulai bergerak. Tapi aku juga bukanlah orang yang selalu mengikuti arus..aku tetap pada pendirianku..dengan menjadi aku tanpa aku harus melukai orang lain tetapi masih tetap menghormatinya..

Ok..kembali ke topik awal.. Berhadapan dengan 343 orang yang hampir 99% tak ku kenal memang sungguh menyiksa di awal bulan Maret ini. Tolah toleh mlulu..mau nanya jaim..mw kenalan juga bingung.. :D tapi aku harus tetap maju..mengambil duduk diantara orng yang tak ku kenal rasanya juga dag dig dug.. Akhirnya aku pun mulai pembicaran..*yyaayy, i did it* rasanya menyenangkan sekali..meski aku akui kalo sekarang ak lupa siapa nama org yg kuajak kenalan kemaren..tapi ya sudahlah..yang penting aku bisa melaluinya. Yang kemudian dilakukan adalah pembagian kelompok orientasi..OMG sebulan ak bakal dengan orang yang baru ku kenal juga..bisa ga yaa... Itu yang terlintas pertama dari pikiran ku.. ahh, pembayangan selalu lebih besar dari kenyatannya..*kata Pak Mario Teguh*

Tapi ternyta semua dugaanku keliru tentang apa yang kubayangkan sebelumnya..banyak pembayangan yang meleset jauuuuhh dari semua dugaanku... Berkenalan dengan orang2 baru ternyata sangaaaaaatttt menyenangkan. Aku tak pernah berhenti bersyukur bahwa aku akan dipertemukan dengan orang2 semacam ini... Kehidupan yang memang harus kuakui hampir mirip dan tak jauh berbeda dengan zona nyamanku dulu. Well, nyatanya memang sebagian besar teman2ku yang baru ini bukanlah aseli orang Surabaya..senangnya banyak hal yang kupelajari dari mereka kelak dari latar belakang mereka yang berbeda2... Mereka memang masih berusia di bawah ku..mungkin mereka juga mereka mempunyai pemikiran yang sama dan juga ketakutan yang sama denganku..mungkin itulah yang menyebabkan kita semua mudah sekali akrab satu sama lain..merasa senasib *terutama pada saat dimana kita kalah telak pada pertemuan dengan Walikota* :D
Satu hal lagi...kita memiliki hobi yang sama...NARSIS and SADAR KAMERA bangggeetttt...hahahahahaha... what a world...!!! Tapi itu menyenangkan..dan unbelievable itulah satu2nya cara menghilangkan kepenatan kita selama bekerja di Kecamatan.

Yuuuuppp..!!! PENAT.... mungkin itu satu2nya kata  yang bisa menggambarkan betapa beratnya pekerjaan ini.. Mungkin orang lain akan mengatakan hal yang sama pada saat Ketua BKD menyampaikan bahwa kita akan di tempatkan selama sebulan di Kecamatan, yang kemudian akan di lanjutkan dengan ngepos di kelurahan. Yang terlintas pertama pasti satu “Lha ngapain disana, kan ga ada kerjaan..??” Jika itu pertanyaan yang terlintas dalam benakmu berarti sama... :D
Some people say “don’t judge a book by the cover”, itu kalimat yang tepat untuk menggambarkan keadaan Kelurahan yang sebenarnya. Ternyata kelurahan itu kerjaannya...bbuuuuuaaannyyaaaakkk bgt... Jujur..kaget banget saat kerjaan pertama melayang kepadaku, yaitu mengentry data ke web pemkot..bbiiuuhhh, aseli ccuuuaappekk bgt.. Bukan masaah mengentrynya..melainkan data yang masuk itu hampir 4 halaman.. Kalo masih bilang “aahh, kecil”, aku sarankan jangan banyak bicara, just try it...

Banyak hal kejadian2 unik yang ada di Kelurahan..mulai dari pembaharuan NIK KK, data kematian, data kelahiran, ijin pindah, ijin menikah, sampai ada yang meminta status duda nya di KK minta diubah menjadi status perjak...OMG, orang nie mw apa yaakkk..??? hahahhahaha... Tapi itulah orang Kelurahan, mereka tetp pada prinsip dan pendirian mereka.. memegang teguh seperti apa yang mereka selalu ucapkan saat mereka Apel Pagi. Dari mereka juga aku banya belajar..bagaimana menjadi orang yang begitu sederhana.. that’s right, they are like that..mereka begitu membumi..mereka begitu apa adanya.. Sampai dengan pegawai kecamatan pun kuakui juga seperti itu.. Entah karena, kita yang terlalu muda atau sebaliknya..tapi mereka tak pernah sedikit pun mencela pekerjaan kita dan yang pasti kata2 “yang muda yang tidak dipercaya” tidak ad dalam kamus mereka. Mereka masih setia dengan mengajarkan kebaikan kepada kita.

Hingga akhirnya, this is it..in the end of March..aku belajar banyak...Alhamdulillah, meski setiap hari pekerjaan berat *dan memang berat nyatanya* selalu menghantui kita...toh, di akhir minggu ini rasanya semakin berat meninggalkan saat2 ini.. saat-saat dimana kepala pusing n mata lelah karena begitu banyak kertas bertumpuk yang siap di tulis kembali, saat dimana para bapak staf mengajak kita untuk sholat di masjid dekat kantor, ataupun saat mereka mengajak “jamaah ya mbak”, saat dimana mereka menanyakan “besok puasa ga, slnya kita mau makan2”, saat mereka membagi banyak pengalamannya kepada kita... Saat yang begitu tak ternilai harganya..
  
Dan nyatanya, aku memang tak pernah berhenti bersyukur.. No Pain No Gain.. Tidak akan ada hasil tanpa kerja keras... Mungkin di awal aku sempet menyesali betapa ak belum menginginkan hal ini..tapi tak sedikit dari pengalaman kegiatan ku selama sebulan ini membuatku membuka semua mata.. Aku memang harus bersyukur..!! dan juga menyadari ada rencana yang lebih indah ke depannya.. Semua akan indah sesuai dengan waktuNYA...bukan waktu kita.. :D

Pada akhirnya, aku yakin ini bukanlah akhir, justru this is a new beginning for me.. Kelak akan ada banyyyaaakk pengalaman yang aku yakin akan jauh lebih priceless n worthy dari apa yang kualami selama ini.. I’m gonna miss u, all of u... Hope we can spend our time again sometime.. :D


Dedicate to all staff @ Kecamatan Wonokromo
You are so adoreable... :D

2 komentar:

Nur Hidayati mengatakan...

Kadang, kesalahan kita membiarkan diri kita membenarkan ketakutan kita. Padahal apa yang mungkin kita takutkan justru nggak terjadi :)
(*ngomongin diri sendiri.... hehehehehe *)

dewi kurniasari mengatakan...

he ehmm... yoooii bgt ccuuyy... :p

Posting Komentar