Minggu, 05 Oktober 2008

wisaTa kuLiner @ AmpeL...



Setiap bulan Ramadhan, saya selalu menyempatkan diri untuk berbuka di luar rumah.. Saya tipikal orang yang doyan jajan juga, kebetulan setiap kali saya punya teman, mereka juga punya hobi yang sama...

Ramadhan tahun lalu, seorang teman mengajak untuk mencoba berbuka puasa di daerah Wisata Religi Sunan Ampel...Tujuan memang sudah jelas...Kami hanya berbuka puasa!!!! Selebihnya adalah bonus, seperti melihat makam Sunan Ampel dan Shalat Maghrib di Masjid Sunan Ampel...

Karena tahun itu untuk pertama kalinya, maka sudah jelas kami tidak punya pengalaman, depot atau warung makan mana yang enak... Yang pasti kami sudah mengincar satu menu...KAMBING !!!! Lokasi pertam yang kami kunjungi adalah sebuah kaki lima yang menjajakan menu2 kambing, kami datang kesana karena pengunjungnya banyak,that's all... Tapi setelah kami merasakan makanannya...hmmm...ciuuuttt rasanya... Aroma amis masih terasa dalam masakannya...tapi gimana lagi, perut ndak bisa kompromi...terpaksa kita lahap aja...yang lebih mencengangkan...adalah harganya... Jujur, saya yang pertama kali membyar sangat kuaaaagggeettt...Untuk sebuah pesanan yang terdiri dari 8 es jeruk, 5 porsi nasi, 10 tusuk sate, 1 porsi gule, dan 1 porsi kikil semuanya total Rp 87.000,00...dan jangan salah kami diberi bonus...Bau Amisss....

Akhirnya kami memutuskan untuk menikmati jalan sambil menurunkan isi dalam perut, yah..siapa tahu kami berniat makan lagi....hehehe...setelah berjalan-jalan, kami tertarik dengan sebuah depot yang bernama Al-Makhti (kalau tidak salah), diantara sekian banyak depot, kita tertarik sekali dengan depot yang satu ini...Bagaimana tidak???? Di depan depot tertera gambar Pak Bondan Winarno...yang artinya pak Bondan pernah datang untuk mencicipi masakan depot tersebut...dan kata pak Bondan...Maknyusss!!!!

Dengan langkah pasti kami masuk menuju depot tersebut, yang kami pesan adalah gulai Kacang hijau, roti maryam, minuman, Rawon (karena teman saya ada yang tidak makan kambing), dan menu kambing lainnya....dan jujur, kami langsung mengakui bahwa masakan di depot itu memang maknyussss...dan pada saat kami membayar tagihan hanya berjumlah +/- Rp 70.000,00 dengan rasa yang maknyuusss....

Tahun ini, kami kembali mencoba berbuka puasa di Ampel untuk yang kedua kalinya...tapi untuk kali ini kami sudah mempunyai gambaran bahwa kami akan mencoba berbuka puasa di sebelah depot berlabel Maknyuss...depot ini adalah depot Yaman, letaknya persis disebelah depot berlabel maknyusss....Tidak mau kalah depot ini mengaku telah dikunjungi oleh RCTI, Ajib SCTV, JTv, TPI dll.

Begitu masuk, seorang teman telah menyarankan untuk mecoba kambing oven, akhirnya kami sepakat memesan menu seperti kambing oven, nasi kebuli, nasi goreng, gule, roti maryam dan sejumlah minuman... memang dari segi rasa masih lebih enak di depot sebelah...tapi jangan salah variasi menu di depot Yaman banyak sekali...misal, nasi kebuli terdiri dari nasi kebuli ayam, kambing atau sapi... Cocok bagi yang tidak doyan kambing...Harganya pun lebih miring daripada depot sebelahnya... yang pasti tidak kalah maknyuussss.....!!!!!

Kalau anda berkunjung ke Ampel sempatkan membeli jajanan khas Timur Tengah seperti Sambosa, Kebab, Martabak bihun, roti maryam, dll.... Jangan lupa terapkan sistem tawar menawar...terutama jika anda membeli banyak macam dan dengan jumlah yang banyak pula..kalau anda beruntung anda pasti mendapatkan harga yang hmmmm.....

Jika ingin membeli oleh2 seperti Kacang Arab, Kurma dengan berbagai jenis silakan datang ke Lawang Agung...sebelum membeli Kurma biasanya anda diminta untuk mencicipi macam2 kurma sebelum memutuskan untuk membeli...Harganya relatif standar...Atau jika anda ingin membeli kurma dengan harga lebih miring anda bisa membeli di Pasar Ampel... Jika di pasar Ampel anda dimanjakan dengan suasana belanja khas Timur Tengah karena yang dijual adalah barang2 seperti keperluan berhaji dan banyak lagi...

Tapi jangan kaget jika anda pergi makan, dimanapun tempatnya di sekitar Ampel...Anda akan menjumpai berbagai macam pengemis, yang sok ngemis pastinya.....Mulai membawa anak, pura-pura bisu sambil menunjuk uang kita, atau bahkan anak-anak kecil yang tidak sepantasnya mengemis..Pernah suatu kali saat sedang berjalan-jalan kami disapa oleh seorang pemuda yang masih gagah sambil berucap "Assalamualaikum", dengan kompak kami menjawab "waalaikumsalam" sambil berlalu....yang ada kami semua malah dicaci maki...ternyata alih2 salam mereka juga mengemis...Sopan yah.....

Sedikit tips, jika anda berpergian ke Ampel,
  1. siapkan selalu uang receh...untuk pengemis tentunya....
  2. jika anda terganggu dengan kedatangan pengemis di tengah anda makan, sebaiknya ditolak saja, jika tidak anda akan menjadi artis dadakan yang dimintai uang receh...
  3. tentukan tujuan sebelum berangkat...rencanakan apa saja yang akan anda beli...jika tidak mungkin anda akan tergoda....
  4. hati-hati dengan tas anda...amankan sebelum diamankan oleh yang lain...
  5. sebaiknya anda pergi dengan teman yang memang sudah sering ke sana atau lebih baik lagi yang punya rumah di daerah Ampel...
Well...anda berminat???? silakan mencoba petualangan baru ini....

3 komentar:

ika mengatakan...

kalo nasi goreng kambing ada gakk?? kmaren menjelang lebaran pengen jajan nasgorkam jakarta yang di bratang... sampe sana tutup karena dah pada mudik.. pengen ke ampel tapi mbayangin jauhnya dah gak sanggup deeehh.. kapan-kapan kalo ke ampel lagi ajak-ajak yaaahhh..... more info: depot di sana tutupnya jam brapa??

dewi kurniasari mengatakan...

ada kok bu... klo nasi goreng kambing di depot blambangan aja ada cuma +/- Rp 8.500,00 cukup enak kok.... itu di sebelahnya memory foto jalan jetis...khan g jauh2... kl masalah tutup saya kurang paham... Tapi setiap kali dari sana selalu jam 21.00 masih buka...

lumayan buat alternatif jajan...

XpresiKu mengatakan...

kl ke Ampel skalian beli minyak wangi...hahaha...didepan jalan tuh yg murah

Posting Komentar