Jumat, 09 Desember 2011

Akan Selalu Bangga, Garuda ku

Aku bukanlah seorang yg maniak sepak bola.. Ak bahkan ga tw klub2 yang ada di seluruh dunia.. Jangankan itu, di Indonesia pun ak tak terlalu hapal... Yang aku tau hanyalah Persebaya..dan boneknya tentunya :D
Sedikit mengenang perkenalanku dengan sepak bola, berawal dr perkenalan ku dgn seseorang yang pada akhirnya ak baru ngeh kalo dy bekerja di sebuah media yang sll menayangkan sebuah liga yg cukup terkenal di Indonesia.

Awalnya ak hanya sekdr tw kl dy hnyalah seorang karyawan disana..pada saat pertama kali dy ngajak ketemu, ak sempat bertanya2 apa siih kerjaanny.. Lambat laun baru aku mngrti.. Dy sendiri hanya bercerita seperlunya..sama sekali ga pernah menyinggung tentang liga itu..hingga akhirnya tanpa sepengetahuannya, ak sbnrnya mencari banyak info.. Mulai dari koran, internet..sampe kadang nonton siaran di tv..

Sampe dari situ ak masih belom ngeh dengan yg namanya sepak bola.. Sepak bola yg dulu ku kenal adalah dgn menyebut nama Pele, Maradona, dan David Beckham.. Sedang di Indonesia, aku menyebut nama Jacksen F Tiago, Alm. Rusdi Bahlawan (itupun karena tetangganya temen baik) dan mereka ber2 itulah yg kuingat karena mereka pernah di Persebaya. Dan aku sangat ingat dulu Jacksen sempat mendapatkan sepatu emas karena dy merupakan pencetak skor terbanyak selama pertandingan. Persebaya pun aku ingat pada saat itu menjadi Juara Umum dalam pertandingan itu.. Yang kemudian aku sadar sekarang..berarti pertandingan yg aku tonton dulu adalah Liga yang disiarkan oleh temanku tadi... Haddduuuhh...ckckckkckkck *baruNyadar :p

Setelah hampir beberapa bulan ak mencari info ttg liga tersebut, baik jadwal maupun sistem permainanny.. Aku mulai beranikan diri bertanya2 kepadanya kalo ak bertemu dgnny..Tapi ttp saja dy enggan menjawab.. Karena tak kudapat info darinya langsg, akhirnya ak ttp mencari berita itu sendiri dan bertanya pada yg mengerti.
Puncak dimana aku mulai tw ttg pemain sepak bola adalah adanya Piala AFF yg dihelat di Indonesia tahun kemaren.. Dari situlah ak mulai mengenal Bepe, Irfan Bachdim yg fenomenal itu, firman Utina, dll... Bahkan ak mulai mangenal di klub apa mereka bermain..

Pertandingan AFF sering ku lihat..meski sebenrnya yo ga ngeh2 banget siih..yg diliat bukan maennya tapi masih ke pemainnya.. Yang secara mendadak meroket namanya karena sering muncul di tipi.. Bahkan setelah piala AFF itu pun, liga yg disiarkan oleh media temanku itu masih jg berlangsg.. Hingga akhirnya bulan Juni kemaren dengan kenekatanku, ak memberanikan diri dan ngomporin teman2ku untuk nonton Bepe di stadion gelora delta. Yuuup..hanya demi BePe.. :)

Hingga akhirnya aku mulai tahu seiring dngn maraknya pemberitaan tim Garuda kebanggaan negaraku ini di berbagai media, info yg kudapat pun semakin beragam.. Termasuk wadah yang menaungi tim ini yaitu PSSI.. Federasi sepak bola Indonesia ini cukup banyak mendapat sorotan dan merupakan sasaran empuk bagi para kuli tinta.. Kaitan dgn ketua yg lama yg sangat tidak disukai oleh masy.Indonesia..hingga akhirnya mereka menuntut bapak tsb segera mundur, karena dianggap tidak layak.. Hingga munculnya liga tandingan yg didanai oleh seorang pengusaha yg kebetulan jg ingin menjd org no.1 di federasi ini.. Hingga akhirnya saling tuding, saling menjelekkan, saling menjatuhkan..dsb #kebiasaanMasyarakatIndonesia :)



Seperti yang kita tahu ceritanya..akhirnya liga tandingan itu dianggap tidak resmi meski menpora, bopi, dan polri mengijinkan untuk menggelar pertandingan.. ujung2nya liga nya pun ga jelas..kapan mulainy tw2 dah dinyatakan kelar. Pada saat itu ketua lama mengancam pemain klub yg masuk liga tandingan ga boleh menjd pendukung timnas.. Pdhl Irfan Bachdim yg fenomenal itu ada di dalamnya. Dan nyatanya Irfan ttp maen di timnas..meski di U23 dy dipecat.
Akhirnya..ketua lama dilengserkan.. Federasi ini kembali ricuh karena banyak pihak yang ingin menggantikannya..dengan berbagai alasan tentunya.. Mediasi dan mediator pun dikerahkan.. Setelah mengalami beberapa episode cerita..akhirnya terpilihlah..seorang Prof beruban..yang menurut kabar masih teman dkt dari pengusaha yg membuat liga tandingan itu.

Alhasil...karena dari kubu yg berbeda..seolah ingin balas dendam.. Maka semua rule dirubaaahh total setotal totalnya.. Liga yg dianggap haram dulu kini menjadi liga resmi, begitupun sebaliknya.. Coach timnas yang sangat dibanggakan warga Indonesiapun mendadak dipecat begitu saja..PT yang menaungi federasi ini di cabut izinnya, bahkan media tmpat temanku bekerja pun di cut mentah2 dan menerima media lain yg menawarkan kontrak lebih mahal..
Aku memang tak tau secara pasti bagaimana rule yg lama dan rule yg baru.. Tapi sekilas ak sedikit mengerti.. Liga yg baru dianggap sebagai liga pro dimana klub2 yg ikut dilarang untuk menggunakan dana APBD daerahnya masing2 seperti liga yang sebelumny.. Beberapa peraturan mulai ditetapkan..termasuk kepada timnas yg sedang berkonsentrasi pada pertandingan pra piala dunia..diberi sebuah kejutan baru yaitu new coach from holland.. Hingga akhirnya coach tersebut ternyata tak mampu memuaskan hati pencinta timnas dan bahkan pemainnya sendiri.. Dan akhirnya federasi kembali disalahkan, bahkan sempat tersiar bahwa 7 pemain timnas mogok..

Seiring dgn perkembanganny, liga yg dulu resmi dan kini menjadi haram merasa seperti di khianati..hingga akhirnya PT yang menaungi liga ini nekat menyelenggarakan liga ini kembali dengan alasan bahwa klub2 yang tidak puas dgn liga yg diadakan federasi ini mendesak untuk ttp menyelenggarakan liga yg lama. FYI, liga yg sebelumnya adalah liga untuk 18 klub dgn kasta tertinggi..tp oleh federasi ini ditambah 6 klub dari kasta yg harusnya jauh dibawah mereka.
Mereka sepakat untuk tetap bermain dengan sgl konsekuensinya.. Sedangkan federasi ini pun masih sering menunda liganya sendiri..
klub2 akhirnya mulai terpecah..bimbang dan ragu memilih liga yg mana..ada yg memutuskan mengikuti keduanya, ada yg awalnya mengikuti liga yg sah lalu pindah..bahkan kebalikanny.. Bahkan ada yang sampai memiliki masalah dualisme kepemilikan klub..

Lalu bagaimana dngn bapak2 di federasi ini.. Mereka pun tak jauh berbeda..mereka sendiripun akhirnya terpecah..ada yg mendukung liga yg sah..ada pula yg membenarkan liga tandingan.. Based on karena tidak sesuai dengan statuta (panganan opo maneh kuwi) yang ada di kongres bali.. Sedangkan untuk ak yg orang awam pun bertanya2 sebenarnya apa hasil dari kongres bali.. Dan akhirnya..smw pun menyalahkan kepemimpinan yg sekarg, dan kepemimpinan yg sekrg juga menyalahkan pihak2 lain... Nah looo...

Ancaman dan terkaman dr federasi ini mulai dipertanyakan... Terutama pada saat federasi ini sedang berkepala besar karena timnas u23 besutannya yg di komandoi oleh coach RD begitu berjaya di sea games.. Meski hanya perak yg di dapat..tp permainanny sungguh luar biasa..dan menghidupkan GBK kembali.. Tetapi masyarakat Indonesia terlanjur antipati terhadap federasi ini..mereka selalu menyampaikan mendukung timnas..bukan federasinya.. Ataupun sebagainya..
Hingga akhirnya kedua liga ini pun berjalan...dan ternyata klub2 yang ikut liga ilegal tersebut memiliki pemain2 yg masuk dalam timnas.. Federasi ini mengeluarkan ancaman antara lain spt : pemain timnas ga akan diambil dr liga ilegal..yang akhirnya diralat diijinkan menjadi pemain timnas kembali dgn alasan bukan salah pemainnya..yang kemudian diancam lagi tak bisa mengikuti timnas lagi krn keputusan federasi int'l. Yang lain adalah klub2 yg mangkir dr federasi nie akan di beri sanksi..seperti klub mutiara hitam yg akhir tak bisa tampil dilaga piala champion.. Sedangkan federasi ini nekat ingin merombak timnas dgn menggunakan pemain2 yg bernaung di bawah liga yg jarang maen milik mereka di bawah kepemimpinan menner Wim.. Sang Prof. sadar betul bahwa rapor menneer Wim mempunyai banyak nilai merah, tapi toh tetap saja dipertahankan.. Sedangkan coach RD sendiri menyayangkan keputusan sang Prof..katanya tidak mungkin mengambil pemain timnas yang kurang berkualitas..


Hal ini benar saja..di Timnas U23 sendiri, dari 20 pemain (minus kim n irfan) 5 diantaranya adalah pemain liga resmi..sedang yang lain bermain di liga tandingan.. Sedangkan di tim Indonesia sellection yang memang khusus di bentuk untuk melawan LA galaxy nya mas David Beckham..hampir sebagian besar adalah pemain liga tandingan.. Dan coach RD pun merupakan ex pelatih Persija Jakarta dan Sriwijaya FC, dimana keduanya sekarang (yang resmi, krn ada 2lisme persija, sedangkan sriwijaya FC memutuskan mengikuti 2 liga sekaligus dgn skuad yg berbeda) bergabung dalam liga tandingan.. Bahkan berita yang sedang beredar adalah Coach RD mengancam mogok melatih timnas jika masih dipaksa memilih pemain dr liga resmi federasi tersebut..dan beliau berniat untuk melatih di sebuah klub yg bertanding di liga tandingan. yaah, kita tunggu saja berita yg benar.. 
Pada saat ak punya kesempatan bertanya pada temanku baru2 nie.. "lhooh...masih ada ya liganya.. itu kan Ilegal.." dengan santai dy hanya menjawab "biarin deehh, yang penting ak kan cari rejekinya dgn cara yg halal.." hahahhaha...bener juga siihh.. :p

Dan akhirnya perang pun dimulai..pihak federasi yg terpecah pun saling menuding dan menyalahkan satu sama lain.. Begitu pula pihak yg tertuding merasa dunk kalo dirinya benar.. Perang tak hanya dilakukan oleh pengurusnya..melainkan jg pendukungnya.. Paling parah adalah adu tweet yang super duppeer bikin aku yg orang bodoh gn semakin geje aja... Smw pihak merasa benar jd saling memberikan data2 otentik tentang kebenaran pendapatnya.. Dan akhirnya media lah yang paling bahagia disini..karena sumber berita pun banyak... :D perang pun tak hanya terjadi di media..perang paling parah adalah perang yng terjadi di twitter..hingga kalo ak boleh ngomong n kasih saran bagi yang pro terhadap liga salah satu pasti akan merasa gemeeesss deeeh..makanya ga usah dukung mendukung ajaa.. mending netral2 aja kaliii yaaa :D

Jujur kuakui, awalnya ak sangat mendukung liga yg selalu disiarkan oleh media tempat temanku bekerja..ya memang karena dy.. Tapi lambat laun, ak mulai membaca koran, tweet nya orang2 yang mengerti bola, bahkan hukum..mengikuti acara2 yg membahas kebobrokan federasi ini.. Ak berpikir kembali atas dasar apa ak mendukung liga yg lama..tapi aku pun sama sekali tak mendukung liga yg baru..yg entah kapan berlangsungnya..
Sebenarnya ini bukan masalah liganya..bukan masalah klubnya.. Ini hanyalah masalah kepentingan tiap2 individu yg aku yakin pasti selain tertawa keras juga berpikir setiap kali dy tergganjal.. Sedangkan aku dan para pendulung sepak bola yg lain merasa terbodohi dengan simpang siurnya berita ini.. Lalu apa yg dilakukan bapak prof itu..?? He do nothing...he just denying.. Selalu melakukan penyangkalan tanpa ada perubahan dan kerja nyata..

Tulisan ini kubuat karena ak begitu sedih dengan tak teguhnya sistem di Indonesia..begitu pula dengan pelaku sistemnya.. Kali ini ak tak ingin mendukung liga manapun..aku hanya mendukung atlit Indonesia tanpa terkecuali.. aku ingin negara ini berpestrasi bidang olahraganya..bukan malah mengacaukan konsentrasi para atlitnya..
Dan akhirnya inilah harapanku.. Ak hanya ingin yang mungkin juga keinginan bangsa ini juga, prof yang pintar dan cerdas itu segera melakukan tindakan nyata tanpa harus bertele2 kesana kemari, mencla mencle lambene.. Cukup tegaskan apa yg sebenarnya terjadi di federasi itu, buatlah keputusan dimana keputusan itu berlaku selama kepengurusan anda, jelaskan pada Indonesia apa yang federasi mau dengan menggunakan win2 solution, berpegang teguhlah pada apa yg telah menjadi keputusan federasi int'l, dan yang pasti tegaskan pada diri anda sendiri, are you great enough untuk memimpin sebuah federasi olahraga yg sangat dicintai warga negara ini..?? janganlah membodohi bangsa ini dengan kesimpangsiuran berita yang ada di media..karena kita smw tau bahwa andalah yang sangat paham dan mengerti tentang keadaan federasi yang anda pimpin.. buatlah keputusan seadil-adilnya tanpa melihat siapa yang ada di belakang anda.. InsyaAllah, bangsa ini akan berterima kasih kepada anda, karena anda mampu menepati janji yang ada buat pada saat anda terpilih menjadi ketua umum federasi ini.
Ingatlah bahwa warga negara ini sangat berharap banyak pada federasi ini... Bukan malah menjadi from bad to the worst.. But from bad being better.. Mungkin benar kata banyak supporter..bahwa sebenarnya federasi ini tidak memiliki apa2..bahkan klub dan pemainnya pun tidak.. Karena pemain akan selalu setia pada klub yg membesarkannya.. Tp negara ini butuh national's dream team..jadi..?? Yaah..mungkin akan banyak PR yg diberikan kpd prof yg satu ini.. Semoga anda mampu menjawabnya..berharap anda bersikap arif bijaksan sehingga keputusan yg telah anda buat tak merugikan bahkan menyinggung pihak lain..
Ingatlah anda pernah menjadi seseorang yg berada dalam liga yg tak diakui.. Jadi seharusnya anda2 sekalian bisa mengetahui sistem terbaik untuk kemjuan sepak bola di negara ini..

Sekali lagi..tulisan ini hanyalah ungkapan seorang cewek yang baru saja mulai jatuh cinta dengan olahraga sepak bola ini.. Jadi seakan ingin mengumandangkan revolusi untuk federasi ini..dengan harapan tak ada lagi masyarakat yg merasa terbodohi seperti aku ini oleh org2 sok pintar dan sok tw dengan permasalahan yg ada..
Disisi lain aku akan selalu bangga dengan Garuda yg selalu akan ada di dadaku.. Entah apa klubnya, tak peduli liganya, federasinya, ato bahkan org2 yg ingin menguasainya..

Tetap terbanglah tinggi Garudaku :)
Karena Garuda itu akan selalu di dadaku.. 

0 komentar:

Posting Komentar