Jumat, 16 Desember 2011

Self Correction




Karna Allah tau, dekat dan berada bersama mu,.
Sekalipun kau meninggalkan atau berlari Allah tetap mengawasi mu..
Jagalah semua rindu mu saudara ku..
Karna ini hidup mu, tidak ada yang bisa memilih selain kau, kemana dan dimana akan di awali dan berakhir..
Kemaren siang, aku sedang membantu seorang teman guru yg sdg sibuk mengurus nilai.. Saat pas ngeprint, ak duduk berdampingan dgn bapak guru yg jg lagi bikin nilai raport.. Maklum dah akhir semster..jadi smw guru dah disibukkan ma nilai2 raport.. Pas lagi ngeprint, dan melihat hasilnya, tiba2 bapak td nyeletuk.. "kog ga sama kanan kirinya..kurang ke kanan dikit itu..". Lalu aku menjawab.. "iya pa, ini note book ku lom diinstal, jadi ukuran kertasnya ga bisa diatur..". Lalu beliau menambahkan.. "ya sudah, ga masalah to.. Tinggal margins nya aja yg di ubah..ini kan bukan masalah kertasnya..tapi ukuran kanan kirinya"
Aku masih saja membantah dengan berbagai macam alasan.. Meski sebenrnya aku juga sedikit mengubah margins yang dy maksud..dan mengotak atik agar lebih baik.. Dan aku persilahkan bapak itu untuk ngeprint duluan.. Setelah hasil print2anku selesai, kutunjukkan padanya.. "gini ya pak.." sambil tertawa senang dy berkata.."Naaahhh..ya begini maksdku..sebuah pekerjaan seseorang kan dapat menunjukkan siapa yg mengerjakan" :) aku tertawa.. Lalu dy menambahkan.."sebenrnya kamu itu ngerti kl salah..tp kl di tegur, dibenerin kog ga mau..ngeyelnya yg kuat.. Usaha membela dirimu itu loo...". Sambil tertawa beliau meninggalkan aku..

Aku sempat kaget dngn pernyataan beliau, dimana dy mengungkapkan bahwa ak ga mw disalahkan..sedangkan posisiku memang berada di posisi yg salah.. Eeh, hari gini sapa juga yg mw disalahin.. :) kadang itu juga yg terlintas dalam pikiranku..saat seseorang mulai menyanggah aku..
Kalau boleh aku membela diri.. Jadi penyebabnya adalah karena note book ku itu memang lom aku install dengan setting kertas yang lengkap.. Jadi memang hasil yg di print td memang kurang maksimal.. Tapi memang seharusnya itu masih bisa di akali dengan menggeser2 margins seperti yg dimaksd bapak td.. Tapi dasar aku juga yg kalo ga ngeyel itu ga afdol rasanya.. Hehehehee...

Sebenarnya bukan masalah ngeyel yaahh.. Dari sentilan kemaren itu aku mulai bertanya2 pada diriku sendiri.. Benarkah aku ini bukan orang yg suka diingatkan oleh sesama ku..?? Apakah aku se egois itu..?? Sepertinya berdasarkan kejadian kemaren aku bisa menemukan jawabannya.. Aku memang masih belum bisa menerima pendapat orang lain..masih dengan self confidence yang sangat jauh tinggi menjulang.. Terutama jika hal yang berkaitan dengan keadaanku di posisi yang salah..
Memang ga ada orang yang mau disalahkan..terlebih jika kita merasa tahu benar tentang keadaan kita sendiri.. Tapi jika kita masih saja seperti itu..lalu apa gunanya kita hidup dengan manusia lain di dunia ini.. Mending hidup aja di hutan..dimana kita bisa bikin rules sendiri.. :)

Dalam hidup..bukankah itu pentingnya kita dikoreksi..?? Agar kita jadi pribadi yg jauh lebih baik.. Bukan membaikkan diri sendiri.. Setelah kejadian itu, aku mendatangi bapak itu and shake his hand like the way we used to do..*kebetulan cara salamanku dgn dia berbeda dgn cara salaman dgn yg lainnya* sambil berkata padanya.."makasih ya pak dah ngajarin aku td.. Hhehehee" si bapak menyahut "oke deeehh.."
Bukan bermaksud membanggakan diri.. Hanya saja aku merasa lega.. Lega karena aku berhasil meruntuhkan gerbang ego ku yg paling tinggi.. Saat ini jujur saja..aku sedang ingin selalu bisa meruntuhkan gerbang egoisku.. Aku memang punya ego yg sangat tinggi..jangankan untuk hal seperti di atas..ibaratnya dicolek dikit aja aku ga bisa kalo dulu..
Lalu ada seseorang berkata dalam sambutan acara workshop mengatakan : "semoga kita diberi keikhlasan dalam menghadiri acara ini..karena cm dengan ikhlas..semua yg kita kerjakan dan yg kita lakukan menjadi berkah dan amalan di hari kelak.." dan semua meng-Amin-i termasuk aku yg sedang terperangah karena kata2nya..

Ikhlas memang hanya sebuah kata yg sangat mudah untuk diucapkan..tapi sangat suliiiiittt bgt untuk dilakukan.. Ikhlas ga siiihh kita dicaci maki ma seseorang yg benci kita..ikhlas ga siih kita diingatkan berulang2 mpe bikin kita pengen ngomong “iyaa..iyaa..aku kan bukan anak kecil lagi”. Meski benernya kita bisa aja bilang..yaa aku seneng kog kalo ada yang ngingetin aku, tapi jujur deh..kadang kalo kata2 seseorang itu pas kena ulu hati kita plus ditambah suasana hai kita lagi ga baik, pasti kita bawaannya sewot mlulu.. berusaha melakukan pembelaan adalah salah satu cara terbaik, seperti yang kulakukan seperti cerita di atas.

Keputusan untuk selalu menjadi lebih baik emang selalu ada pada kita.. Pada saat aku ditegur seperti kejadian kemaren..aku sempet mikir.. Apa jadinya kalo aku tetap pada pendirianku?? Dimana aku ga mw disalahkan, at least jadi pihak yang salah.. Lalu apa bedanya aku dengan muridku, yang pernah kusampaikan pada mereka bahwa di usia mereka ini adalah masa dimana mereka selalu merasa dirinya benar dan cenderung mencari pembenaran atas smw keputusan yang telah mereka ambil. Meski yang seusia diatas merka sangat tidak sepakat, tapi mereka begitu percaya diri dengan keputusannya. Lalu aku sampaikan juga pada mereka bahwa mereka ga perlu khawatir, jika memang merasa benar, dan sudah dibuktikan dengan ilmiah, kenapa harus takut..?? Mereka juga lambat laun akan bertambah usia, juga bertambah dewasa..kelak apa yang mereka lakukan ini adalah pembelajaran untuk kehidupan mereka selanjutnya. Amien.
Lalu sama saja kan dngan aku yang usianya hampir 16 tahun di atas mereka, jika saja aku tak mampu mengatasi perasaan dan egoku jika aku disentil seperti itu saja mendadak meradang :D

Insya Allah sejauh ini, dan semoga selamanya..aku ingin selalu akan ada yg berkenan ‘mengoreksi’ diriku ini. Siapa siih di dunia ini yg ga ingin jadi lebih baik, semua pastinya..dan dalam segala hal tentunya :D begitu juga dengan aku.. Yah, anggap saja ini ‘tabungan’ buat hari akhir kita nanti.. Meski mereka ga ngerti segalanya tentang kita, tapi kita kan juga bukan orang yang bisa menilai diri sendiri khan.. :D
Semua datangnya dari hati.. ini hanyalah masalah KEPUTUSAN kita saja dalam menjalani hidup singkat yang kita punya..hingga akhirnya, semoga akan selalu ada seseorang yg dengan ikhlas menegur dan mengingatkan semua kesalahan kita.. dan kita pun ikhlas menerimanya. Bukankan itu adalah sebagian kasih sayang Allah yg disampaikan lewat sesama kita..?? Semoga berkenan J

KEBAHAGIAAN ADALAH MASALAH KEPUTUSAN.. Waktu terbaik untuk berbahagia adl sekarang..Tempat terbaik untuk berbahagia adl di sini.. -MT-


0 komentar:

Posting Komentar